Minggu, 01 Desember 2013

Sejarah nama Caterpillar

Dulu pada 1890 tahun Benjamin Holt melakukan eksperimen membuat berbagai bentuk traktor uap untuk digunakan di lahan pertanian. Dan pada tahun 1904 traktor uap pertama buatan holt tercipta walaupun 2 tahun berikutnya diubahnya dengan mesin gas.
Pada awal mula beroperasi pada awal 1900-an, traktor buatan holt sangat berat, terkadang berbobot 1000 pon (450kg) sehingga sering terjebak atau bahasa kerennya ‘amblas’ di lumpur daerah ladang San Joaquin Valley Delta, stockon California. Untuk mengatasi ini Benjamin Holt memperbesar dan memperlebar ukuran roda traktor tsb. Tapi dengan tampilan seperti itu membuat traktor semakin kompleks, mahal dan susah perawatannya.


Solusi lainnya adalah mengganjal dengan papan saat traveling, tapi ini cukup memakan waktu, biaya dan menggangu. Karena semuanya terasa ribet, Holt berpikir untuk membungkus dan mengelilingi roda dengan rantai yang terpasang kayu. Pada 24 november 1904 ia menguji dan berhasil

Di sinilah semua berawal, saat fotografer Charles Clement mengamati traktor tersebut berjalan dia megatakan bahwa traktor merangkak seperti ulat “ Caterpillar”, menangkap metafora itu holt berkata itulah nama untuk itu.
holt mendapatkan patent pertama untuk nama traktor tersebut pada 7 desember 1907.
Berikut ulasan singkat mengenai awal mula brand Caterpillar muncul, yang hingga sekarang makin mendunia di bisnis tambang dan konstruksi. Semoga bermanfaat dan silahkan dikunyah-kunyah.

salam from Makobu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar