Senin, 02 Desember 2013

LS 6000 sang pencerah yang di anak tirikan

LS6000 CK-RJM

Selamat pagi sobat AB.. .

Kembali ke dunia tambang sedikit saya ingin mengulas unit yang tidak bisa terpisah dengan ke-seharian (baca : malaman) dunia tambang dalam mendukung operational yang mungkin sebagian besar kontraktor-kontraktor tambang yang produktif karena beroperasi 24 jam tanpa putus. Target yang di patok pun tidak ada pembedaan antara day shift dan night shift. Untuk mendukung kegiatan malam biasanya diperlukan penerangan yang handal, simple dan minim perawatan.

Patria LS-6000 .. yup benar mungkin warga tambang tidak asing bahkan sangat familiar dengan unit tower light tersebut. Di setiap daerah-daerah yang krusial memerlukan penerangan pasti dia berposisi. Seperti daerah front loading, dump area / disposal dan posisi yang mungkin riskan terjadinya kecelakaan dan memerlukan penerangan.
LS6000 Mobile Tower Light diproduksi oleh PT. Patria dengan komposisi.. .

ENGINE
Kubota/V 1305-BG
Berbekal Engine Kubota/V 1305-BG dengan kapasitas displacement 1.335cc, operation Rpm 1500 dari spek yang saya dapat dengan fuel capacity 120 liter solar LS6000 dapat beroperasi selama 38 jam. Berarti  fuel burn per hours engine 1.335cc Kubota adalah sebesar 3.15 l/hrs. jadi asumsinya dengan isi full tank dan operasi antara 12-13 jam setiap harinya maka seharusnya engine bisa beroperasi tiga malam berturut-turut tapi dengan resiko engine mati pada akhir shift malam ke-3 karena biasa tidak semua fuel dapat tersedot habis oleh electric priming pump nya.



winch manual
Untuk LS-6000 sendiri dibekali beberapa peranti protection engine shutdown. Diantaranya adalah High water temperature, Low oil Pressure dan charging lamp. Jadi apa bila unit sampeyan mengalami 3 kondisi di atas maka wajar klo engine bisa mati sendiri, Karena apabila engine tidak bisa mati sendiri mungkin kerusakan yang ditimbulkan akan bertambah parah dan merugikan. So.. jangan sekali-sekali  melakukan by pass pada kabel switchnya karena engine anda akan terus running dengan kondisi yang tidak dianjurkan. Engine running overheating viscositas oli akan sangat encer dan lapisan filmnya menjadi tipis sehingga tidak dapat melindungi kontak point antar komponen, ujung-ujungnya gesekan makin besar, otomatis engine makin panas endingnya piston atau komponen yang lain akan meleleh dan saling lengket (jammed).  Atau bisa jadi malah gasketnya meleleh dan kompresi bocor. Engine running dengan low oil pressure, yah tunggu aja beberapa menit pasti  nge-jammed. Dan charging problem akan menyebabkan pengisian battery bermasalah dan input AVR tidak ada.

box ballast

ALTERNATOR / GENERATOR
LS6000 dibekali generator STAMFORD / BCI 164 DI dengan output 9 kva, dengan frequency 50Hz 240volt, single phase dengan type brushless.

fully extend tower - picture from web. patria

LIGHTING
Untuk urusan penerangan LS6000 menggunakan brand SYLVANIA type lampu metal halide dengan double ended. Dengan  beban sebesar 4 x 1500watt
Untuk tower terbagi menjadi 3 section yang apabila kita extend semua bisa sepanjang 9 meter dan dapat diputar 270 derajat. Dengan pengoperasian tower menggunakan winch yang diputar dengan tangan.

Berikut uraian dari unit LS6000 yang mungkin supportnya tidak sebanding dengan stigma yang melengket padanya sebagai unit supeq.. .
hehehe

Salam from makobu

2 komentar: