Minggu, 01 Desember 2013

Mengenang Edisi D3C

           Sedikit mengenang masa lalu saya, saat-saat awal menapak di dunia alat berat. Mungkin pembaca ada yang pernah tau atau bahkan sempat handle maintenance unit berikut, D3 series. Dulu inget banget saya mulai belajar mengenal nama-nama komponen, tools, dan parts unit inilah yang menjadi kelinci percobaan saya dan team.
Model  D3C diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 untuk menggantikan D3B dan diproduksi di Jepang saja. D3C yang pernah saya kerjakan dulu tertancap mesin 3204, 4 cylinder, 67 flywheel horsepower (FWHP).  Cukup bertenaga untuk seukuran itu. transmisi  powershift dengan tiga kecepatan maju dan mundur. Sampai sekarang diperkirakan bahawa lebih dari 4.500 unit D3C tracktor crawler telah di produksi. Lumayan banyak juga yah.  Itu baru yang seri I, belum yang seri II dan III D3C.
Untuk urusan hydraulic D3C mempunyai  5 buah cylinder hydraulic dengan 3 fungsi berbeda. 2 cylinder untuk lift blade, 2 cylinder untuk tilt dan 1 cylinder untuk angle. Kalau sampeyan Tanya gimana maintenance-nya, cukup ringan bro.. dengan spesifikasi di atas tanpa kendala berarti. Cylinder  hydraulic bisa dibilang kecil untuk ukuran alat berat, re-seal dan re-kondisi tanpa mengalami kendala berarti. Untuk elektrikal sendiri juga cukup konvensional dengan lampu secukupnya starting dan charging system yang bisa dibilang sekelas Honda 70 hahahahaa.. . just kid bro..
Next mungkin saya akan ulas perkembangan terbaru atau generasi lanjut dari D3 series yang sudah sampai seri D3K2

D3K2 series
Berikut ulasan singkat mengenai D3C yang pernah saya alami. Semoga bermanfaat dan silahkan dikunyah-kunyah.

salam from Makobu  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar